Memacu ide dengan SCAMPER

Memacu ide kreatif dengan SCAMPER
SCAMPER

Kenapa sih kita harus kreatif?

Perubahan selalu terjadi!

Persaingan semakin kuat!

Sebagai pembeda…!

ada lagi? pasti masih banyak…

saya pribadi terinspirasi oleh quotes nya albert einstein yang kalau diterjemahkan bebas kurang lebih isinya adalah sebuah ‘kegilaan’ jika anda menginginkan hasil yang berbeda tetapi anda terus menerus melakukan hal yang sama…

karena saya tidak mau disebut ‘GILA’ maka saya terus mencari cara baru agar mendapatkan hasil yang berbeda… dan lebih baik tentunya hehehe

setelah itu biasanya muncul pertanyaan lalu bagaimana caranya agar mendapatkan cara yang baru ?

yaitu dengan BERPIKIR KREATIF

bagaimana agar kita mampu berpikir kreatif?

sepertinya kita membutuhkan alat pembantu…

ya saya menemukan SCAMPER!

menurut WikipediA Pengertian SCAMPER

SCAMPER merupakan suatu checklist pertanyaan pemacu ide yang membantu Anda untuk memikirkan perubahan apa yang dapat Anda lakukan terhadap produk, proses atau jasa layanan yang sudah ada sehingga muncul sebagai produk, proses, atau jasa layanan baru.

 

SCAMPER di perkenalkan pertama kali oleh Alex Osborne, seorang guru pelopor kreatifitas pada tahun 1953, strategi pemikiran ini kemudian dikembangkan lebih lanjut oleh Bob Eberle 1971 dalam bukunya SCAMPER: Games for Imagination Development.

anda juga bisa melihat video tentang scamper disini SCAMPER a creative thinking technique
SCAMPER adalah singkatan dari:
2
Untuk memperjelas SCAMPER saya akan memberikan contoh seperti ini:
Ketika masuk pasar Indonesia, McDonalds berpikir kreatif bagaimana produk nya agar lebih diterima oleh masyarakat Indonesia yang sudah sangat jelas lebih menyukai makan nasi dibandingkan roti, maka McDonalds melakukan SUBSTITUTE.
3
Bukan hanya nasi dan ayam tapi juga mengkombinasikan (COMBINE) dengan telor omelete, bahkan ada pilihan kopi untuk para ayah.
4
Menambahkan (ADAPT) menu kebab yang sedang trend dan menu nugget yang biasanya sangat digemari oleh anak-anak.
5
Memodifikasi (MODIFY) ukuran burger disesuaikan dengan selera dan kebiasaan makan dan tentunya daya beli.
6
Bukan hanya dikenal sebagai gerai tempat makan saji cepat, tetapi juga menyediakan  ruang kegunaan lain (Put to another use) seperti sarana bermain anak dan bahkan dapat digunakan untuk berbagai event misalnya perayaan ulang tahun anak.
7
Untuk penggunaan huruf E dan R dalam SCAMPER silahkan anda pikirkan sendiri ya hehehe.. belajar berpikir kreatif!
Berpikir kreatif adalah proses yang menyenangkan, cobalah gunakan untuk produk / jasa anda! dan lihat hasilnya…
‘kita akan mendapatkan hasil yang berbeda ketika kita melakukan hal yang berbeda’

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s