3 cara hebat meredakan stress | Pelatihan motivasi dengan Hypnosis dan NLP

Pelatihan Motivasi untuk meredakan stress
Meredakan Streess

Stres merupakan respon tubuh kita ketika kita mengalami suatu hal yang baru atau di luar kebiasaan kita atau ketika kita bertemu dengan sesuatu kondisi yang tidak kita senangi.

Stress menurut WikipediA.

Dalam dunia modern yang serba cepat ini, stres telah menjadi faktor utama perenggut kualitas kehidupan.

 

Stres menjadi pembunuh raksasa kebahagiaan. Respon faali kita terhadap stres adalah suatu respon biokimia. Perubahan kimiawi ini mempengaruhi setiap organ sehingga mempengaruhi setiap sel di dalam tubuh kita.

Kabar gembiranya adalah bahwa stres sekedar fenomena mental. Jika stres hanyalah fenomena mental maka stres dapat dikendalikan.

Mengapa stres harus dikendalikan?

Karena kegagalan dalam menghadapi stres akan memberikan efek negatif terhadap tubuh.

Ketika kita mengalami stres maka sejenis hormon yang dinamai kortisol dikeluarkan tubuh secara berlebih. Hormon kortisol adalah sejenis hormon katabolis yang ”membakar dan melindungi” dengan menggunakan energi tubuh kita untuk melindungi diri kita dari ancaman tertentu. Bila hormon kortisol diproduksi dalam waktu yang lama maka dapat membahayakan tubuh kita.

Ketika pikiran kita didominasi oleh pikiran negatif misalnya berbagai kekecewaan, ketidaksenangan dan ketidakpuasan terhadap sebuah kondisi, maka diri kita akan stress, ketika stres berulang dan terjadi terus menerus maka bisa menjadi depresi, dan dalam keadaan depresi maka sistem imunitas tubuh akan menurun dan berdampak pada terganggunya sistem regenerasi sel tubuh.

Hidup selalu menawarkan berbagai pilihan. Artinya anda boleh memilih sikap apa yang akan anda lakukan dalam menghadapi sebuah kondisi, karena tentunya banyak sekali kondisi yang diluar kendali kita.

Misalnya saat macet. Jika anda tidak toleran terhadap macet Alih-alih anda mendumel, mengomel, menyalahkan polisi, atau bahkan pemerintah daerah dan negara yang dianggap tidak becus mengurus lalu lintas, tentunya sangat bijak dan jauh lebih baik jika anda berangkat bekerja dari rumah lebih awal lagi.

Kehidupan metropolitan atau kota2 besar sekarang ini memaksa kita hidup dalam stres, pagi-pagi kondisi lalu-lintas sudah macet, datang ke kantor bertemu dengan kondisi kantor yang belum tentu kondusif, ditambah berbagai deadline dan kondisi pekerjaan yang rata-rata memiliki pressure yang tinggi dan target yang besar, pulang ke rumah dengan fisik yang sudah setengah habis tapi harus bertemu lagi dengan si macet.

Sampai di rumah anda bertemu dengan pasangan yang sama-sama letih pulang bekerja. Belum lagi rasa cemas dengan kondisi anak anda yang seharian hanya dititipkan kepada seorang pembantu rumah tangga. Atau juga memikirkan masalah keluarga, perkawinan, keuangan, relasi sosial, karier, status, kriminal, polusi, keadaan negara, dunia… wow…. Bayangkan jika ini sering terjadi atau berlangsung terus menerus. Kira2 apa yang akan terjadi dengan kesehatan anda?

Belum lagi bila diperparah dengan berbagai emosi negatif seperti ini:

Marah-Sedih-Cemas-Takut-Kuatir-Kesal-Hampa-Putus asa-Kecewa-Kosong-Lelah- Datar-Murung-Bersalah-Hancur-Dendam-Gelisah-Kesepian-Menderita-Penolakan-Terhina-Terluka-Tertekan-Jalan ditempat-Sering Menyesal-Sering Ragu-Menyalahkan-Membenci diri sendiri-Tidak berharga-Tidak bahagia-Tidak Stabil-Tidak berguna-Tidak puas-Hilang semangat-Hilang motivasi-Hilang harga diri-Mudah Tersinggung

Ini adalah reaksi global yang berlaku bagi banyak orang. Namun seluruh kata tersebut adalah bermuatan negatif. Mereka adalah ”hiu raksasa” yang siap ”berpesta besar”. Disadari ataupun tidak semua gangguan emosi tersebut bisa menjadi sumber penyakit dengan menurunkan daya tahan tubuh dan menurunkan kualitas hidup seseorang.

Hal ini memberikan stres yang terus menerus kepada sistem tubuh, akibatnya kita selalu berada dalam ”Modus Siaga” yang dapat menyebabkan timbulnya kekacauan psikologis dan berakibat rusaknya sistem.

Namun kita jangan terlalu khawatir. Untungnya ada beberapa tehnik pereda stres yang sangat efektif dan telah terbukti kehebatannya :

3 HAL PEREDA STRESS PALING MUDAH DAN EFEKTIF

1.Tertawa

14Perbanyaklah tertawa. Usahakan diri anda terlibat dengan lebih banyak obrolan yang bisa membuat anda tertawa.

Jika tidak menemukan lingkungan seperti ini, anda harus menciptakannya, misalnya dengan lebih sering menonton film komedi yang membuat anda tertawa, membaca buku lucu yang membuat anda tertawa atau apapun kegiatan anda yang sekiranya dapat membuat anda tertawa.

 

Inilah hasil penelitian Prof. Lee S.Berk dari scholl of medicine and public health loma linda University, California. Ketika kita tertawa dan bahagia:

  • Menaikkan endorphin (endogenous morfin) yaitu morfin yang diproduksi secara alami oleh tubuh kita sendiri. Seperti morfin lainnya, sangat berguna untuk menghilangkan rasa sakit dan menjadi obat penenang. Menaikkan endorphin berarti mengubah tubuh kita menjadi tenteram, tenang dan enak.
  • Menambah konsentrasi IgA pada ludah. Inilah zat yang berada di barisan pertahan paling depan untuk melawan infeksi pernafasan bagian atas (upper respiratory infection, URI)
  • Menurunkan kortisol. Sejenis hormon yang telah sedikit dijelaskan di bagian awal tadi.
  • Meningkatkan pertumbuhan sel imun
  • Menambah jumlah sel-sel imun yang menyerang dan membersihkan antigen (makhluk alien yang dapat merusak tubuh kita) salah satu sel imun yang disebut makrofag bertugas membersihkan dan menghancurkan antigen. Ada lagi sel NK (natural killer) yang menyerang tumor atau sel-sel yang kena infeksi virus.
  • Memperbaiki sistem pernafasan

 

  1. Bernafas dengan dalam (Deep Breathing)

16

Pernafasan yang dalam dapat menggerakan sistem aliran getah bening, yang merupakan sistem pembuangan racun dan bahan buangan dari tubuh kita, serta meningkatkan daya tahan tubuh terhadap penyakit.

 

Berikut ada beberapa tehnik yang dapat dilakukan:

  • Posisi duduk rileks atau bersila. Tarik nafas panjang melalui hidung sebanyak-banyaknya. Masukkan nafas ke arah perut. Pada saat menarik nafas, fokuskan pikiran pada perut. Setelah penarikan maksimum, tanpa menahan nafas, lepaskan nafas perlahan-lahan melalui mulut tanpa suara atau sambil mendesis, dengan sangat pelahan sampai udara di perut atau dada habis. Lakukan latihan ini sebanyak empat kali berturut-turut.
  • Posisi relaks, dapat sambil duduk atau bersila. Tutup lubang hidung kanan dengan jari telunjuk kanan, tarik nafas panjang melalui lubang hidung kiri sebanyak-banyaknya secara perlahan, masukkan nafas ke dada. Pada saat menarik nafas, fokuskan pikiran ke perut. Setelah penarikan maksimum, tanpa menahan nafas, segera lepaskan telunjuk tangan kanan dan ganti telunjuk kiri yang menutup lubang hidung kiri. Lepaskan nafas melalui lubang hidung kanan perlahan-lahan tanpa suara sampai udara di perut atau dada habis. Lakukan latihan ini sebanyak 4x. Perlu diperhatikan, menarik nafas melalui lubang hidung yang kanan akan menimbulkan efek agresivitas, bukan relaksasi.

person-1281607_960_720

  1. Meditasi (Meditation)

Meditasi adalah suatu latihan eksperiensial yang melibatkan pemusatan perhatian. Meditasi bukan sebuah sistem kepercayaan tertentu, semua agama besar di dunia menganjurkan mempraktekan seni berpikir ini. Banyak orang salah paham bahwa meditasi adalah ajaran agama tertentu.

Walaupun terdapat banyak jenis dan pendapat tentang meditasi, tapi hampir semuanya memiliki essensi yang sama. Meditasi membawa kita memasuki kondisi tenang dan relaks, merasakan nafas kita, menyadari kehadiran TUHAN dalam diri kita, serta mengarahkan kita untuk kembali pada diri sejati (fitrah) kita.

Meditasi menjadi metode menghilangkan stres yang sangat populer serta menjadi bahan riset yang menarik. Sampai saat ini terdapat lebih dari 500 riset mutakhir yang mempelajari efektivitas meditasi dalam meredakan stres, mengatasi berbagai gangguan emosi dan bahkan untuk penyembuhan berbagai penyakit.

Meditasi dapat dilakukan dalam berbagai macam posisi, meskipun biasanya lebih dipilih posisi duduk. Untuk yang berpengalaman dan telah terbiasa maka meditasi sering dilakukan dengan duduk di lantai dan kaki menyilang (sila). Ketika bermeditasi, punggung harus lurus dan rileks dan kepala de depan dan ke atas. Dalam posisi apapun yang anda pilih, tungkai kaki harus rileks dan kaki beristirahat dengan nyaman.

Setidaknya ada dua macam bentuk meditasi:

Yang Pertama: Memusatkan perhatian pada objek eksternal meditasi, misalnya pernapasan. Dalam bentuk meditasi ini memilih sebuah suara misalnya ”ohhmm” dan memusatkan pikiran untuk terus mengulanginya. Ketika anda melakukannya, semua gangguan dan suara akan perlahan-lahan menghilang sampai pikiran anda ”mengapung bebas”. Anda dapat melakukan meditasi ini selama tiga menit setiap hari dan mendapatkan efek yang berarti pada tingkat stres dan relaksasi. Latihan meditasi yang ideal adalah 20 menit, meskipun banyak orang senang melanjutkannya sampai satu jam, karena efek menenangkan yang mereka terima bagi akal dan tubuh.

Yang kedua: Memusatkan perhatian pada objek eksternal meditasi, misalnya sekuntum bunga, lilin, batu mulia atau benda apapun yang menyenangkan untuk anda lihat. Selama meditasi, pusatkan perhatian kepada objek selama dan sesering mungkin. Tujuan meditasi ini bukan sekedar ”memandang” objek tertentu, tetapi menyerap esensi benda itu, menyelami semakin dalam kepada keindahan dan maknanya. Lama latihan selama lima menit sampai dengan satu jam.

Selamat mencoba!

Anda juga bisa baca tentang tempat kedamaian disini Peaceful Place

Salam Trance…:)

Penulis artikel adalah Praktisi dan Master Hypnotherapy Certified dari IACH (Indonesian Association Clinical Hypnotherapy), pernah dipercaya mengajar di BNN (Badan Narkotika Nasional) dan di berbagai perusahaan  di Indonesia.

Profil penulis: Oki Prayoga | Soft Skill Trainer

Program Pelatihan Motivasi  yang biasa kami adakan:

Pelatihan Motivasi dengan Hypnosis & NLP

Program Pelatihan Soft Skills  yang biasa kami adakan:

Pelatihan Soft Skills | Emotional Intelligence Training

Pelatihan Soft Skills | Problem Solving Decision Making Training

Pelatihan Soft Skills | Conflict Resolution Training

Pelatihan Soft Skills | Negotiating For Results Training

Pelatihan Soft Skills | Time Management Training

Program Pelatihan Leadership & Supervisory  yang biasa kami adakan:

Pelatihan Leadership | Leadership Training

Pelatihan Supervisor | Supervisory Skills Training

Program Pelatihan Sales  yang biasa kami adakan:

Pelatihan Sales Professional Terbaik

Pelatihan Sales | Territorry Planning & Routing

Pelatihan Sales Management Terbaik

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s