NLP dan Sales Skill

NLP & Sales Skill
NLP & Sales Skill

Dalam NLP kita mengenal yang disebut dengan Meta Program

Meta Program merupakan program internal yang digunakan untuk memilih dan menentukan hal-hal apa yang kita ingin perhatikan.

Metaprogram akan memberikan informasi pada kita bagaimana seseorang mengolah informasi itu. Pikiran melakukan generalisasi, menghapus dan mengedit (distort) beberapa informasi dari luar karena hanya mampu mengolah sedikit informasi pada saat yang sama.

Fungsi Meta Progam dan Motivasi adalah mempercepat proses dalam pengambilan keputusan. Dengan menggunakan bahasa (kata-kata) yang sesuai dengan metaprogram seseorang akan mempermudah seseorang itu untuk mengerti dan menerima kata-kata kita.

Dalam mengungkap metaprogram seseorang, kita dapat mengenalinya dari penggunaan bahasa dan tingkah lakunya. Metaprogram adalah suatu filter dari pengalaman,dan manusia menyampaikan pengalaman (kasus tertentu) dengan bahasa/kata-kata, Maka kata-kata yang digunakan itu akan mencerminkan metaprogram tertentu.

Dari beberapa macam Meta Program disini saya akan membahas 2 macam:

1.Meta Program Toward atau Away

5

Toward atau Away merupakan metaprogram yang menjelaskan bagaimana arah motivasi seseorang.

  • Seseorang dengan meta program Toward menunjukkan arah motivasinya cenderung menuju kearah tertentu, seseorang termotivasi karena ia mengejar benefit. Misal membeli notebook agar mudah melakukan pekerjaan.
  • Sedangkan Away adalah metaprogram yang menunjukkan arah fokus orang yang menghindari uncomfortable situation, misal seseorang menjadi termotivasi membeli notebook karena ingin menghindari ketinggalan jaman.

Pengalaman saya sebagai sales asuransi adalah saya sering “nakal” menanyakan perumpamaan terhadap klient saya di awal pembicaraan. misalnya seperti ini:

Pak, jika bapak membeli polis asuransi, bapak lebih dikarenakan benefit dari pertumbuhan investasi yang ditawarkan artinya misal 20 tahun ke depan bapak akan memiliki dana yang cukup besar atau dikarenakan bapak merasa takut apabila bapak sakit dan harus membayar biaya rumah sakit yang mahal?

Manfaat buat saya menanyakan hal demikian adalah:

  • Pertama, dari jawaban si bapak saya akan mengetahui bahwa bapak  ini cenderung berpikir toward atau away. karena kalimat-kalimat saya selanjutnya akan “menyesuaikan” dengan kecenderungan pola pikir si bapak ini.
  • Kedua, apapun jawaban dia sebenarnya dia sudah mulai memikirkan kedua manfaat tadi, terlepas toward atau away dia mulai merasakan benefit ikut dalam program asuransi yang saya tawarkan.

 

2.Meta Program Internal atau Eksternal

Internal atau Eksternal merupakan meta program yang menunjukkan azas-azas yang dianut seseorang sebagai sumber motivasi.

  • Seorang dengan metaprogram Internal akan mengambil keputusan berdasarkan sumber standar/nilai-nilai dari dalam dirinya.Misalnya seseorang akan membeli asuransi karena kesadaran akan pentingnya sebuah warisan, value tersebut dia ambil dari agama yang dia anut bahwa jika seorang meninggal sebaiknya meninggalkan warisan yang bermanfaat.
  • Sedangkan seorang dengan metaprogram Eksternal akan mengambil keputusan berdasarkan sumber standar/nilai-nilai dari luar. Misalnya seseorang akan membeli mobil baru dikarenakan semua lingkunganya (teman kerja, tetangga dsb) sudah memiliki mobil baru.

Untuk mengetahui hal ini, biasanya saya menanyakan beberapa hal-hal seperti ini:

2099850

Apakah bapak / anggota keluarga bapak pernah mengalami dirawat di rumah sakit? kira2 bapak masih ingat berapa biayanya? atau mungkin bapak pernah mengalami kesedihan karena tidak mampu untuk membayar biaya rumah sakit?

Apakah anak bapak mendapatkan pendidikan sesuai dengan standar yang bapak inginkan? atau akhirnya sekolah di tempat yang sesuai dengan kondisi keuangan bapak? seandainya bapak punya uang yang lebih banyak dari sekarang apakah anak bapak masih sekolah di tempat yang sama seperti sekarang?

Apakah bapak berencana pensiun dengan kondisi keuangan yang lebih baik dari sekarang atau kemungkinan lebih buruk pak? karena ketika sudah pensiun biasanya hanya mengandalkan uang pensiun yang tidak begitu besar dan biasanya mulai ada gangguan kesehatan

Dari jawaban si bapak nanti kita akan mulai mengetahui apakah dia membeli sesuatu dikarenakan nilai dari dalam dirinya atau faktor dari luar (eksternal)

  • Jika jawaban lebih banyak dari nilai internal maka tugas kita sebagai sales adalah meng-amplikasinya yaitu menekankan, menguatkan serta mengkaitkan nilai yang mereka miliki dengan penawaran kita.
  • Jika jawaban lebih banyak dari nilai eksternal maka tugas kita sebagai sales adalah lebih fokus terhadap referensi dan data, misalnya menginformasikan berapa banyak klien kita, siapa saja  klien yang sudah puas dengan pelayanan kita, dsb.

 

kami adalah TRAINING PROVIDER untuk:

Pelatihan Sales Professional Terbaik

Pelatihan Sales | Territorry Planning & Routing

Pelatihan Sales Management Terbaik

Pelatihan Motivasi Terbaik

Beberapa Program Pelatihan  kami yang lainnya bisa di lihat disini:

Memacu ide dengan SCAMPER | Pelatihan soft skills terbaik 2016

6 Thinking Hats | Pelatihan soft skills terlengkap 2016#

Pelatihan SOFT SKILLS terbaik dan terlengkap 2016

Pelatihan Soft Skills | Conflict Resolution Training

Pelatihan Soft Skills | Negotiating For Results Training

 

 

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s