HYPNOSIS? | Pelatihan Hypnosis & Hypnotherapy Terbaik 2016

apa yang dimaksud Hypnosis
Hypnosis

Hypnosis!

Apa sih yang ada dipikiran sahabat ketika mendengar kata hypnosis? Kata hypnosis biasanya selalu dihubungkan dengan pertunjukan misterius, penyembuhan dengan mantra, atau hal aneh lainnya. Apakah benar seperti itu?

Faktanya, hypnosis justru tidak bersifat supernatural sama sekali. Kita sering tidak menyadarinya karena kondisi tersebut terlihat seperti pikiran natural kita. Padahal kondisi hypnosis adalah keadaan yang sangat natural untuk manusia.

Hypnosis adalah sesuatu yang sangat alamiah dan dialami setiap manusia setiap harinya, pengetahuan tentang hypnosis adalah sesuatu yang sangat penting bagi setiap orang apapun profesinya, karena hypnosis benar-benar bisa mengubah kehidupan setiap orang menjadi jauh lebih baik.

Sebenarnya semua yang pernah terjadi di dalam hidup anda dan ilmu yang pernah anda pelajari tersimpan dalam pikiran alam bawah sadar.  Seperti kemampuan menyetir anda telah tersimpan di dalam pikiran bawah sadar anda. Dimulai dari masuk kedalam mobil, menyalakan mesin dan menggerakkan mobil hingga ke jalan raya, kita lakukan secara otomatis.

Terkadang kita tidak ingat dengan jalan mana yang kita lewati sebelum akhirnya sampai di tempat tujuan. Mungkin juga anda pernah dengan santai dan asyiknya menyetir ke kantor anda, dan pada saat anda tiba, barulah anda tersadar bahwa anda sebenarnya menuju ke supermarket. Disitulah pikiran bawah sadar kita berperan aktif.

470870897

Menyetir hanyalah salah satu contoh aktivitas yang kita lakukan dengan spontan. Ketika anda melakukan suatu kegiatan yang bersifat otomatis, maka  pikiran sadar anda teralihkan dan anda masuk kedalam kondisi hipnotis.

Beberapa kegiatan otomatis yang kita lakukan mengantarkan kita pada lamunan. Disaat kita sedang melakukan berbagai aktivitas pribadi seperti makan malam sendirian, mandi, jogging, pikiran kita dapat melayang kemana-mana.

Aktivitas-aktivitas tersebut layaknya menyetir, tersimpan dalam pikiran bawah sadar anda. Ketika anda sedang melakukan kegiatan-kegiatan otomatis, maka akan sangat mudah untuk mengarahkan pikiran sadar anda ke berbagai level tingkat kesadaran.

Pengertian Hypnosis adalah suatu kondisi pikiran dimana alam bawah sadar kita lebih terbuka untuk menerima dan menyimpan pengaruh, pesan, saran, ataupun informasi baik dari dalam maupun dari luar diri kita.

 

Berbagai Tingkat Kesadaran

Terdapat beragam tingkat kesadaran dari kondisi kesadaran penuh hingga kondisi tidur. Tidak terdapat perbedaan yang mencolok dari satu kondisi ke kondisi selanjutnya. Tingkatan tersebut dapat berpadu satu dengan lainnya dan dapat didefinisikan secara umum sebagai berikut:

Tingkat Kesadaran Karakteristik mental dan fisik Contoh kegiatan
 Sadar 1.    Fungsi intelektual normal.

2.    Respon reflex dan motorik normal.

Anda sedang bermain sepak bola
 Kondisi setengah sadar ringan 1.    Relaksasi tubuh.

2.    Napas dan denyut nadi melambat.

3.    masuk kedalam lamunan diri sendiri

4.    Memusatkan perhatian kepada aktivitas imaginer, berdialog atau kejadian yang dapat terjadi ataupun mustahil terjadi.

Anda membayangkan  sedang bermain sepak bola.
 Kondisi setengah sadar sedang 1.    Hilangnya kesadaran terhadap lingkungan sekitar.

2.    Mata tertutup.

3.    Meningkatnya kesadaran terhadap fungsi organ internal, seperti pernapasan atau detak jantung.

4.    Meningkatnya sensitifitas penerimaan indera.

5.    Imajinasi yang semakin intensif.

6.    Interpretasi instruksi/ pertanyaan dengan jawaban perkataan. (Jika ditanya “Maukah anda mengangkat tangan anda?”, anda akan menjawab “Ya.”)

Anda membayangkan dan memvisualisasikan diri anda berada dan bermain di lapangan sepak bola.
 Kondisi setengah sadar yang dalam 1.    Penurunan aktivitas dan pengeluaran energy.

2.    Anggota badan menjadi melemah atau kaku.

3.    Konsentrasi yang semakin melemah.

4.     Menguatnya sugestabilitas.

5.    Memungkinkan indera untuk berilusi, merasakan sensasi.

6.    Hilangnya penerimaan pendengaran dan kesadaran terhadap lingkungan sekitar.

7.    Fungsi proses kreatifitas semakin meningkat.

Anda merasa seakan-akan sedang bermain sepak bola.
 Tidur 1.    Penangguhan gerak anggota badan.

2.    Pengurangan drastis atau hilangnya pikiran sadar.

Anda bermimpi mengikuti pertandingan sepak bola.

 

Perubahan perilaku dapat terjadi pada tingkatan Light Trance, Moderate Trance dan Deep Trance, khususnya pada pendekatan hipnotis yang paling tepat untuk sugesti anda. Sangat penting untuk mengetahui bahwa tidak ada seorangpun yang mengalami proses trance dengan pengalaman dan pendekatan trance yang sama. Anda mungkin sangat mudah tersugesti pada level moderate trance, dimana orang lain akan lebih mudah tersugesti dalam kondisi deep trance.

Secara umum ketika anda berada dalam keadaan trance, anda akan sangat reseptif terhadap sugesti hipnotis. Rasa rileks, mengantuk, mengendurnya otot-otot tangan dan kaki, kulit yang terasa lebih hangat atau lebih dingin, rasa geli, perasaan seperti tersengat listrik dan melemahnya konsentrasi adalah berbagai sensasi yang mungkin anda rasakan.

Seringkali kondisi trance membuat kita merasakan kondisi yang tidak riil. Melihat diri sendiri atau lingkungan dengan cara pandang yang baru, dan merasa lebih terhubung dari sebelumnya. Contohnya beberapa orang pernah mendeskripsikan perasaannya sebagai berikut:

 

463638333
Therapist Using Hypnosis

“Saya merasa pikiran saya melayang-layang diatas tubuh fisik saya.”

“Saya merasa tubuh saya seolah-olah terbuat dari plastik yang hangat dan dapat dibentuk dengan mudah.”

“Jendela ruangan itu menutup bagai mata, dan saya ada didalam kegelapan yang sangat nyaman.”

Namun tiap orang dapat memberikan respon yang berbeda, sesuai dengan tingkah laku, pengetahuan awal, harapan dan khayalan mereka.

Setelah mengetahui karakter mental dan fisik dari berbagai kondisi trance, anda akan mengerti mengapa hypnosis seringkali dikaitkan dengan misteri yang mengagumkan.

Salam Trance…:)

Penulis artikel adalah praktisi Hypnotherapy, Master Hypnotherapy Certified dari IACH (Indonesian Association Clinical Hypnotherapy) dan pernah dipercaya mengajar di BNN (Badan Narkotika Nasional) dan di berbagai perusahaan  di Indonesia.

Profil penulis: Oki Prayoga | Soft Skill Trainer

Kami adalah  TRAINING PROVIDER untuk:

Pelatihan Motivasi Terbaik

Pelatihan Soft Skills workplace essentials Terlengkap

Pelatihan Soft Skills | Negotiating For Results

Pelatihan Sales Professional Terbaik

Pelatihan Sales | Territorry Planning & Routing

Pelatihan Sales Management Terbaik

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s