Kecerdasan emosional untuk Salesman

Kecerdasan Emosional untuk Salesman
Kecerdasan Emosional untuk Salesman

Kecerdasan Emosional dipercaya sebagai kekuatan yang sangat besar dan lebih berpengaruh dibandingkan hanya mengandalkan kecerdasan intelektual untuk menghantarkan seseorang terhadap kesuksesan.

Pengertian Kecerdasan Emosional menurut WikipediA

Telah banyak riset yang telah dilakukan untuk memastikan peranan pengaruh kecerdasan emosional terhadap kesuksesan seseorang. salah satu yang terkenal adalah buku yang ditulis oleh daniel goleman.Disini saya tidak akan memaparkan apa yang dikatakan daniel goleman, tapi saya lebih melihat kecerdasan emosional yang dikaitkan terhadap sales.

Sales person / Penjual idealnya harus mengenal dan menguasai semua teknik dari mulai membuat list suspect, list prospect, Cold Calling, Persiapan sales meetingSasaran Sales MeetingAttention getterTeknik bertanya, Mengetahui fitur dan benefit,  sampai dengan teknik closing dan handling objection. Bayangkan jika hal itu semua dipadukan dengan KECERDASAN EMOSIONAL yang EXCELLENCE?

Dan KECERDASAN EMOSIONAL akan membuat teknil penjualan anda semakin powerful, jika anda menginginkan pelanggan anda menjadi pelanggan yang setia maka sangat penting untuk anda memiliki kecerdasan emosional ini.

Mengapa? Karena Manusia adalah makhluk emosi, bukan sekedar seonggok daging yang dapat berlari kesana kemari hehehe, peranan emosi di dalam diri manusia sangat berpengaruh dalam kehidupannya.

Kecerdasan emosional mengambil wilayah di sekitar emosi diri kita, Kecerdasan emosional adalah kemampuan yang berhubungan dengan orang lain dan berusaha memelihara hubungan yang positif.

35278960

Kebanyakan para penjual hanya fokus terhadap “product knowledge” walaupun hal itu memang sangat penting, tetapi disaat competitor kita memiliki produk sejenis atau bahkan lebih baik dari yang kita jual maka kita akan sering mati langkah jika hanya mengandalkan kekuatan “product  knowledge”.

Padahal sekarang ini semua produk dan fitur hampir sama. Misalnya di bidang asuransi, hampir semua perusahaan asuransi menjual produk link,  semua perusahaan motor  memiliki produk matic, bebek ataupun sport, dan  di bidang pembiayaan hampir semua menawarkan bunga dan jangka waktu pinjaman yang hampir sama juga.

Disinilah kecerdasan emosional para penjual sangat dibutuhkan, hal-hal yang sangat perlu diperhatikan adalah:

1.Kesadaran (awareness)

Seorang penjual perlu menyadari kekuatan dan kelemahan dirinya. Penjual perlu mengetahui kepribadiannya agar lebih dapat mengendalikan emosi dalam menghadapi pelanggan. Idealnya, seorang penjual harus memiliki kepribadian:

  • Kebersamaan

Tidak individualistis, menghargai orang lain, ramah dan bijaksana.

  • Ulet

Berorientasi pada hasil, menyukai persaingan positif, dan menyukai tantangan.

  • Pemikir

Sangat teliti, procedural, membuat planning, memperhatikan kualitas dan focus pada fakta..

  • Pendorong

Sangat antusias, persuasive, spontan, humoris, fleksibel dan selalu optimis.

2.Pengendalian (restraint)

Seorang penjual harus mampu mengidentifikasikan emosi-emosi negative yang dapat merusak hubungan dengan pelanggan atau mengakibatkan kerugian berupa uang. Untuk itu penjual harus memperhatikan:

  • Perasaan
  • Situasi penuh tekanan
  • Lingkungan kerja

3.Pemulihan (resilence)

Seorang penjual sering kehilangan semangat bekerja karena berbagai factor misalnya tidak adanya stok produk, ongkos produksi naik, gagal closing, dan sebagainya. Untuk itu diperlukan:

  • Motivator intrinsic

Yaitu berusaha membangkitkan kembali keinginan menjadi yang terbaik serta keinginan untuk terus bertumbuh.

  • Motivator extrinsic

Yaitu menyadarkan penjual bahwa mereka memiliki keluarga dan masa depan agar terpacu meningkatkan kesejahteraannya.

4.Empati (empathy)

Seorang penjual harus memiliki empati yang baik, empati adalah perasaan yang tajam, mengembangkan radar emosional, dan belajar mendengarkan serta memahami perasaan pelanggan.

5.Bekerja sama dengan orang lain (working with others)

Seorang penjual harus memiliki sifat kerjasama artinya mampu membangun hubungan dengan orang lain, dimulai dengan rekan satu tim, atasan dan bawahan, teman satu perusahaan. Dan khususnya adalah bekerjasama dengan pelanggan.

 

Profil penulis: Oki Prayoga | Sales Trainer

 

Program Pelatihan Sales  yang biasa kami adakan:

Pelatihan Sales Professional Terbaik

Pelatihan Sales | Territorry Planning & Routing

Pelatihan Sales Management Terbaik

Program Pelatihan Soft Skills  yang biasa kami adakan:

Pelatihan Soft Skills | Emotional Intelligence Training

Pelatihan Soft Skills | Problem Solving Decision Making Training

Pelatihan Soft Skills | Conflict Resolution Training

Pelatihan Soft Skills | Negotiating For Results Training

Pelatihan Soft Skills | Time Management Training

Program Pelatihan Leadership & Supervisory  yang biasa kami adakan:

Pelatihan Leadership | Leadership Training

Pelatihan Supervisor | Supervisory Skills Training

Program Pelatihan Motivasi  yang biasa kami adakan:

Pelatihan Motivasi dengan Hypnosis & NLP

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s