3 Hal terpenting bagi Salesman

Sales Skills
Sales Skills

Seperti yang kita ketahui menjual adalah berkomunikasi dengan orang lain, memahami kebutuhannya dan mengkaitkan kebutuhannya dengan apa yang kita jual, lalu menegosiasikan kondisi-kondisi yang saling menguntungkan dan membuat kesepakatan.

 

 

Menjual adalah proses personal dan impersonal untuk menolong atau meyakinkan seorang calon konsumen untuk membeli suatu barang/jasa atau untuk bertindak sesuai dengan ide yang mengandung nilai komersial bagi penjual.

Sekarang ini sering juga disebut HUMAN CENTRIC ERA, yaitu sebuah era dimana para pembeli dan pelanggan bukan sekedar membeli dikarenakan kebutuhan (needs) dan keinginan (wants) saja, tapi mereka akan lebih dalam lagi mengemukakan keinginan-keinginannya (anxieties) dan menginginkan lebih banyak lagi (desires).

Hal ini disebabkan pengaruh informasi dan teknologi komunikasi yang berkembang dengan pesat yang berdampak terhadap sosial budaya. Akibatnya sungguh menakjubkan, keinginan dan tipe pelanggan menjadi semakin beragam sehingga kemampuan ber-komunikasi semakin dibutuhkan.

Pelanggan tidak hanya menginginkan produk yang berkualitas, mereka bahkan menghendaki harga yang terjangkau dan layanan purna jual yang lebih lama. Selain itu, ia menuntut produk yang lebih sederhana namun lebih memiliki content yang dapat memenuhi kebutuhan konsumen dari A sampai Z.

Sosial budaya berdampak sangat penting terhadap pendekatan pendekatan dalam menjual. Dan tentunya hal inilah yang paling harus disoroti. Yaitu bagaimana melakukan pendekatan yang simpatik, berkomunikasi secara efektif dan pesan yang ingin kita sampaikan dapat diterima dengan baik oleh mereka.

Berbagai perubahan ini tentunya menuntut pula para penjual agar lebih kreatif, smart dan yang pasti adalah meningkatkan tehnik sellingnya khususnya dalam masalah komunikasi.

Hampir semua para pakar penjualan setuju, ada 3 Hal yang sangat penting bagi para penjual:

1.Product Knowledge.

Bagaimanapun seorang penjual harus mengerti dan sangat menguasai produk yang akan ia jual, sedikit saja kelemahan ataupun ragu-ragu dalam menjawab pertanyaan dari calon customer anda, maka semakin jauh harapan anda dalam menjual produk tersebut.

2.Selling Skill.

Para penjual harus mengenal dan menguasai semua tehnik dari mulai membuat list suspect, list prospect, Cold Calling, Persiapan sales meetingSasaran Sales MeetingAttention getterTeknik bertanya, Mengetahui fitur dan benefit,  sampai dengan teknik closing dan handling objection

Dari semua proses yang panjang itu sebenarnya terdapat skill yang paling berperan penting yaitu skill komunikasi, Kemampuan anda dalam mengemas kata-kata sangatlah penting, dari mulai detik pertama anda memperkenalkan diri, membuat janji, membangun kepercayaan, mengatasi keberatan sampai dengan kata-kata penutupan. Hal ini perlu dilatih terus menerus dan cara latihan yang paling tepat adalah dengan melakukan penjualan tsb.

46179603

3.Selling Attitude

  • Attitude.

Sikap dan penampilan anda haruslah sangat meyakinkan, apabila anda menguasai produk tetapi tidak dikemas dalam penampilan yang baik maka hal inipun dapat menurunkan selera membeli calon nasabah anda.

  • Habit.

Kebiasaan anda haruslah diperhatikan dengan seksama, misalnya adalah masalah disiplin waktu, apabila anda mempunyai kebiasaan terlambat atau jam karet maka hindarilah, hal ini sangat fatal sekiranya anda telah mempunyai janji bertemu dengan calon nasabah anda dan seandainya anda terlambat maka kemungkinan terjadi penjualan akan menurun sebesar 90%.

  • Talent .

Banyak orang berpendapat bahwa menjual diperlukan bakat khusus.

Apakah menjual memang memerlukan bakat khusus?

Dari 58 orang agen asuransi berprestasi, ternyata hanya 17 orang yang mengatakan ya

Apabila bakat diartikan sebagai minat dan ambisi yang terus menerus berkembang, maka untuk menjadi penjual memang memerlukan bakat.

Menurut Frank Bettger (penjual legendaries di bisnis asuransi jiwa) :

“Saya kira tidak seorangpun yang dilahirkan dengan bakat menjadi penjual, namun setiap orang harus membentuk dirinya sendiri menurut gambaran/persepsi yang diinginkannya sendiri.’

Selamat memahami 3 hal penting dalam sales (penjualan) ini. good luck jim!:)

 

Profil penulis: Oki Prayoga | Sales Trainer

Program Pelatihan Sales  yang biasa kami adakan:

Pelatihan Sales Professional Terbaik

Pelatihan Sales | Territorry Planning & Routing

Pelatihan Sales Management Terbaik

Program Pelatihan Soft Skills  yang biasa kami adakan:

Pelatihan Soft Skills | Emotional Intelligence Training

Pelatihan Soft Skills | Problem Solving Decision Making Training

Pelatihan Soft Skills | Conflict Resolution Training

Pelatihan Soft Skills | Negotiating For Results Training

Pelatihan Soft Skills | Time Management Training

Program Pelatihan Leadership & Supervisory  yang biasa kami adakan:

Pelatihan Leadership | Leadership Training

Pelatihan Supervisor | Supervisory Skills Training

Program Pelatihan Motivasi  yang biasa kami adakan:

Pelatihan Motivasi dengan Hypnosis & NLP

 

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s