Persiapan Sales Meeting

Sales Meeting
Sales Meeting

Michael Atwell (English actor): bila anda tidak dapat menyimpulkan maksud anda dalam satu kalimat yang jelas, maka anda tidak punya ide dan konsep yang jelas.

Pengertian Sales Meeting menurut Investopedia

Setiap sales pasti sering melakukan sales meeting.

Pertemuan dengan customer sebenarnya adalah saat yang paling ditunggu oleh para salesman, karena dengan adanya sales meeting /pertemuan dengan calon customer  artinya kita telah selangkah lebih dekat menuju penjualan.

Tapi seringkali sales meeting tidak berjalan dengan baik, padahal kita tahu tidak akan ada penjualan jika tidak ada sales meeting yang baik?

Hal yang paling vital harus diperhatikan ketika akan melakukan sales meeting adalah tentukan terlebih dahulu Sasaran Sales Meeting dan lakukan persiapan… apa yang akan anda katakan saat bertemu dengan customer nanti??

PERSIAPAN SALES MEETING  adalah ketika anda mempunyai Purpose Statement (Pernyataan Tujuan) agar customer memahami dengan jelas mengapa anda mengadakan pertemuan dengan customer.

Oleh karena itu sebelum melakukan Sales Meeting, SALESMAN harus berlatih membuat maksimal 3 kalimat yang singkat, padat dan jelas untuk menyatakan maksud pertemuan anda dan klien.

Contoh:

Jadi Pak/Bu, pentingnya pertemuan hari ini adalah agar Bapak dan kami dapat mengerti permasalahan yang dihadapi perusahaan Bapak, sehingga kita dapat bertukar ide untuk bagaimana baiknya kita dapat membantu Bapak dan menjadi training partner yang cocok bagi perusahaan Bapak/Ibu. (Pernyataan Tujuan)

Buatlah contoh pertanyaan tujuan seperti tadi namun sesuaikan dengan bidang sales anda.. setelah itu saatnya untuk berlatih mengucapkan pernyataannya agar anda merasa nyaman dengan kalimat anda sendiri.

Maksudnya? ya anda jangan seperti seseorang yang sedang membaca script, sehingga terdengar seperti robot dan hal itu membuat anda terlihat sebagai sales pemula sehingga kepercayaan customer langsung menurun terhadap anda.

Hal yang harus diHINDARI..

  1. Menjadi “parachute salesperson” maksudnya adalah sales yang  suka berceloteh “Saya sekalian tugas ke daerah sini jadi saya mampir ke tempat Bapak/Ibu”. Customer anda merasa bukan menjadi prioritas.486753000.
  2. Terlalu rendah diri, banyak sales yang memposisikan dirinya lebih rendah dibandingkan customernya, misalnya dengan mengatakan “Maaf sudah menghabiskan waktu Bapak/Ibu”. Bukankah kita sebagai sales justru ingin membantu memberikan solusi atas masalah dari customer? Jika ingin terkesan sopan, cukup tanyakan berapa lama waktu yang mereka punya untuk bertemu dengan kita dan ucapkan terima kasih setelahnya.

3. Berceloteh gugup, misalnya berbicara terlalu cepat hingga kehabisan nafas. Selain mereka kehilangan “interest” terhadap anda, anda juga terlihat sangat putus asa. Berlatihlah berbicara lebih perlahan, jelas dan percaya diri!

4. Extended chat gap (Pembicaraan yang meluas): Sedikit ngobrol tidak mengapa, selama anda tahu kapan harus berhenti dan berhati-hati terpancing dalam topik pembicaraan favorit anda: Anda bisa berbicara terlalu jauh dan kehilangan makna dari tujuan pertemuan tersebut.

selamat berlatih.. jangan lupa latihan membuat script terlebih dahulu, setelah itu latihan berbicara menggunakan script senatural mungkin, jangan berbicara seperti robot yang kaku..

Jangan pernah remehkan mengenai persiapan sales meeting, sales meeting adalah kunci terjadinya penjualan, dan tanpa persiapan yang baik anda akan kesulitan menaklukan ganasnya sales meeting. Semoga Berhasil!!

Oh yaa.. ini baru persiapan teknis penjualan ya, persiapan yang non teknis juga banyak lho seperti pastikan datang dengan pakaian yang sopan, rambut yang rapi, badan yang wangi dan pastinya harus tepat waktu.. 😉

Profil penulis: Oki Prayoga | Sales Trainer

 

Program Pelatihan Sales  yang biasa kami adakan:

Pelatihan Sales Professional Terbaik

Pelatihan Sales | Territorry Planning & Routing

Pelatihan Sales Management Terbaik

Program Pelatihan Soft Skills  yang biasa kami adakan:

Pelatihan Soft Skills | Emotional Intelligence Training

Pelatihan Soft Skills | Problem Solving Decision Making Training

Pelatihan Soft Skills | Conflict Resolution Training

Pelatihan Soft Skills | Negotiating For Results Training

Pelatihan Soft Skills | Time Management Training

Program Pelatihan Leadership & Supervisory  yang biasa kami adakan:

Pelatihan Leadership | Leadership Training

Pelatihan Supervisor | Supervisory Skills Training

Program Pelatihan Motivasi  yang biasa kami adakan:

Pelatihan Motivasi dengan Hypnosis & NLP

 

 

Advertisements

One thought on “Persiapan Sales Meeting

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s