Sales Training Terbaik dan Terlengkap ~ Cold Calling dengan teknik AIDA

Cold Calling on Sales Training
Cold Calling

ada yang belum tahu apa itu cold calling?

Menurut WIKIPEDIA  Cold calling

bahasa mudahnya Cold Calling itu menelpon orang yang tidak dikenal sama sekali dengan tujuan menawarkan / menjual sesuatu..

Tidak selalu langsung menjual, seringkali Cold Calling digunakan untuk membuat appointment dengan customer agar dapat  melakukan pertemuan (sales meeting). baca juga  Persiapan Sales Meeting

wuihhh tentunya serem serem gimana gitu ya cold calling ini hahaha

melakukan cold calling itu memang gak mudah, butuh motivasi yang kuat dan keberanian yang super duperr (untuk masalah motivasi saya bahas di artikel saya yang lain).

Nah kan ternyata modal motivasi saja juga belum cukup, tentunya cold calling  harus diikuti teknik yang memadai..

Teknik cold calling yang paling efektif sesuai dengan apa yang pernah saya coba, beneran lho pernah saya coba, jadi bukan sekedar teori omdo atau asal comot lalu copas dan share hehehe karena memang saya mantan sales eh bukan mantan sih tapi masih dan selalu 😉

Mau dikenalin sama AIDA?

Wah siapa itu AIDA?

cantik lho hehehe…

Jadi tujuan kenal  AIDA itu apa ya ?

Tujuannya adalah untuk membangun hubungan, membina kesamaan dan menemukan calon konsumen yang membutuhkan bantuan.

AIDA adalah…

ATTENTION

Kalimat pertama yang anda gunakan akan menentukan hasil telepon anda. Sukses atau gagalnya seorang sales ditentukan oleh pemilihan kata-kata yang digunakannya.

Attention atau perhatian dari calon konsumen terhadap kita akan memudahkan kita untuk menjelaskan keunggulan dan keuntungan yang akan mereka dapatkan dari jasa atau produk yang kita tawarkan.

400_F_94709591_Z8cXHrY4wKqhEbbpPGYDNA05ONvVQSIq

Contoh:

“Halo, nama saya Tomi, saya bekerja di perusahaan X  yang kami lakukan adalah MEMBANTU para pemilik bisnis/perusahaan seperti Anda untuk menghasilkan uang lebih banyak dengan bekerja lebih sedikit atau membantu mengatasi permasalahan dalam bisnis anda. Bagaimana dengan perkembangan bisnisnya, Pak/Bu?”

INTEREST

Agar konsumen tertarik untuk mendengarkan, anda harus terdengar menarik. Cara agar anda dapat menarik perhatian konsumen adalah dengan mengajukan banyak pertanyaan yang relevan dengan bisnis mereka.

Dimulai dengan membangun kesamaan antara anda dan calon konsumen anda. Hal ini dapat dilakukan dengan bertanya dengan kalimat Tanya terbuka (open ended questions) seperti:

1

–          Siapa (WHO)

–          Apa (WHAT)

–          Dimana (WHERE)

–          Kapan (WHEN)

–          Bagaimana (HOW), Berapa lama (HOW LONG), Berapa sering (HOW OFTEN)

–          Mengapa (WHY) –(untuk pertanyaan WHY, anda harus yakin bahwa konsumen merasa nyaman berbicara kepada anda)
Pertanyaan-pertanyaan tersebut juga dapat membantu leads anda dalam menaruh kepercayaan (TRUST) kepada anda dan meningkatkan kredibilitas anda.

Pertanyaan yang anda ajukan juga akan membuat mereka susah menolak telepon anda dan membantu anda untuk mengontrol pembicaraan.

Contoh:

–          “Sudah berapa lama anda menggeluti bisnis ini?” (Atau juga dapat terdengar lebih natural dengan “Sudah berapa lama bisnisnya pak/bu?”

–          “Berapa sering anda mereview rencana bisnis anda?” (atau juga “Pernahkah bapak mereview rencana bisnisnya?”)

–          “Apakah anda memiliki partner bicara untuk mengembangkan bisnis?”

–          “Berapa sering anda memberi pelatihan pada staff anda?”

–          “(Menurut bapak), Mengapa perusahaan/bisnis anda belum berkembang?”

Pada pertanyaan yang terakhir ini, anda harus meramunya dengan baik agar konsumen masih merasa nyaman dengan pembicaraan.

DESIRE

Sama halnya dengan getting leads’ attention, dalam tahap ini mengajukan pertanyaan yang tepat dan lebih spesifik untuk menimbulkan minat leads anda terhadap produk/jasa anda.

Pertanyaan yang lebih spesifik seperti:

–          “Apakah anda sudah puas dengan omzet perusahaan/bisnis anda sekarang?”

–          “Apakah anda tertarik untuk menghasilkan lebih banyak?”

–          “Berapa target omzet yang anda inginkan?”

–          “Apakah anda sudah mempunyai rencana untuk itu?”

–          “Bisnis dan kehidupan seperti apa yang anda inginkan jika anda telah berhasil menambah penghasilan anda?”

ACTION

Pada tahapan ini, anda menantikan respon dari leads anda. BOOK an appointment. Tujuannya agar anda dapat berbicara lebih jauh dan menawarkan lebih detil dari produk dan jasa yang anda tawarkan.


Buying signal (ada tanda-tanda mau beli) yang anda harapkan adalah ketika mereka bertanya tentang produk dan program kita.

–          “JADI, seperti apa program yang anda tawarkan?”

–          “BERAPA harga pelatihannya?”

Maka anda dapat menjawab dengan diplomatis yang mengarahkan leads anda untuk tertarik lebih dalam.

–          “Pertanyaan yang tepat sekali, namun akan kami jawab nanti di sesi pertemuan kita. Karena biaya akan sangat tergantung kepada beberapa hal.”

–          “Pertama (#1), karena setiap bisnis berbeda kebutuhannya. #2, program dapat sangat disesuaikan sesuai kebutuhan anda, sehingga akan sangat baik bila didiskusikan dalam pertemuan.”

–          “Anda dapat berbicara langsung kepada team kami. Pertemuan hanya akan memakan waktu sebentar untuk menetukan kemajuan bisnis anda. Dan untuk pertemuan itu, GRATIS.”

–          “Sehingga anda dapat dengan leluasa membicarakan dan berkonsultasi dengan tenaga ahli kami mengenai investasi lebih lanjut. Jadi minggu depan, hari Selasa atau hari Rabu yang lebih nyaman untuk bapak?”(perhatikan cara bertanya saya, yaitu memberikan dua pilihan yang apapun jawabann customer, intinya pertemuan akan tetap berlangsung..) jangan pernah bertanya kapan bapak ada waktu? percayalah mereka tidak pernah punya waktu untuk anda.. :V

–          “Jadi minggu depan, hari Selasa atau hari Rabu yang lebih nyaman untuk bapak?”

setelah itu jangan lupa mengucapkan terimakasih atas waktu yang telah diberikan sambil konfirmasi ulang mengenai jadwal pertemuan yang sudah disepakati bersama…

Baik terimakasih atas waktunya Pak/Bu, sampai bertemu rabu sore jam 16.00 ya pak/bu, selamat siang…

itulah teknik COLD CALLING yang pernah saya lakukan, AIDA sangat membantu proses COLD CALLING yang saya lakukan, probabilitas kesuksesan COLD CALLING saya sangat meningkat.

jujur saja melakukan COLD CALLING tidak mudah, mengandalkan  motivasi dan keberanian saja tidak akan cukup, tapi TEKNIK AIDA disertai LATIHAN berulang-ulang melakukan COLD CALLING lah yang membuat proses COLD CALLING akan sukses..

latihannya dengan siapa? saya biasa melakukannya ke customer langsung, saya anggap setiap saya melakukan COLD CALLING adalah latihan, disitu beban saya berkurang sekaligus saya belajar terus lebih baik lagi, saya mencatat bagian-bagian yang kurang nyaman ketika berbicara dengan customer, saya belajar banyak dari kegagalan, karena kegagalan yang bisa membuat kita lebih baik…

selamat berlatih COLD CALLING…

berlatih adalah ketika anda melakukan COLD CALLING langsung ke customer. Anda tidak pernah tahu sampai dengan anda mencobanya

#Penulis artikel adalah  orang sales yang pernah melakukan ribuan kali cold calling, Ia telah berpengalaman 10 tahun sebagai sales, pernah menjadi sales manager champion level nasional dan pengalaman 6 tahun sebagai sales trainer, tulisan disini adalah hasil dari perpaduan antara pengetahuan, theory dan pengalaman di lapangan.

 

Profil penulis: Oki Prayoga | Sales Trainer

 

Program Pelatihan Sales  yang biasa kami adakan:

Pelatihan Sales Professional Terbaik

Pelatihan Sales | Territorry Planning & Routing

Pelatihan Sales Management Terbaik

 

Program Pelatihan Soft Skills  yang biasa kami adakan:
Pelatihan Soft Skills | Emotional Intelligence Training

Pelatihan Soft Skills | Problem Solving Decision Making Training

Pelatihan Soft Skills | Conflict Resolution Training

Pelatihan Soft Skills | Negotiating For Results Training

Pelatihan Soft Skills | Time Management Training

 

Program Pelatihan Leadership & Supervisory  yang biasa kami adakan:

Pelatihan Leadership | Leadership Training

Pelatihan Supervisor | Supervisory Skills Training

 

Program Pelatihan Motivasi  yang biasa kami adakan:

Pelatihan Motivasi dengan Hypnosis & NLP

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s