Self Hypnosis ~ Menemukan tempat kedamaian (Peaceful Place)

Tempat kedamaian
Peaceful Place

Apa yang muncul dalam benak anda begitu melihat, mendengar dan merasakan kata-kata Peaceful place (tempat kedamaian)?

Setiap orang mempunyai tempat favourit… entah itu berupa pantai, berupa pegunungan ataupun hanya di kamar kesayangannya 🙂

Namun apakah tempat favourit anda itu sudah menjadi tempat kedamaian anda?

Wah apapula yang dimaksud peaceful place ini ya?

konsep ini pertama kali saya temukan ketika membaca buku PIECE OF MIND karya Sandhy McGregor

Di buku itu setiap orang disarankan memiliki sebuah tempat kedamaian, tempat inilah tempat yang harus anda kunjungi walaupun hanya di alam pikiran anda

kapan harus anda kunjungi? khususnya ketika anda membutuhkan kondisi relax, ketika anda sedang dalam kondisi stress, sedang panik, sedang dalam kesedihan, sedang dalam suasana gelisah dan berbagai suasana negatif lainnya.. pergilah ke tempat kedamaian mu walaupun hanya untuk beberapa menit

jika anda belum memutuskan dimana tempat kedamaian anda, pilihlah sebuah tempat dimana anda benar-benar merasa sangat nyaman, pilihlah sebuah tempat favourit anda yang bisa membuat hati anda sampai bergetar bahkan mungkin anda bisa menangis bahagia jika mengingat dan merasakannya…

Kunjungilah tempat pilihan anda itu dalam pikiran anda, hanya dalam pikiran anda! sambil terpejam dan jika perlu sambil diiringi musik rileksasi.. ulangilah beberapa kali dan bangunlah tempat kedamaiaan anda.. ya itulah tempat kedamaian anda.. mulai sekarang dan seterusnya itulah tempat kedamaian anda…

pergilah ke tempat kedamaian anda kapanpun anda mau!!

 

Teknik detail membangun tempat kedamaian…

Pertama,

Ambillah posisi yang nyaman—–sebaiknya Anda duduk di kursi dengan telapak kaki rata dengan lantai—–dan tangan Anda bisa diletakkan di atas paha,

Sekarang….tarik nafas yang dalam …….dan keluarkan semuanya…..tarik nafas yang dalam…., rasakan seluruh nafas Anda masuk ke dalam perut…dan…..sekarang sambil mengeluarkan nafas……lepaskan lepaskan semua ketegangan dan kekhawatiran Anda. Lepaskan semuanya ….
Dan…Sekarang, perlahan-lahn tarik kembali nafas Anda dan….pejamkan ….mata..Anda ..sambil mendengarkan musik dan suara saya, ikutilah petunjuk yang saya sampaikan dengan musik sebagai latar belakangnya, dan…..dengan kesadaran penuh Anda tahu bahwa Andalah yang mengendalikan keadaan Anda saat ini…..
Sekarang…., di dalam pikiran Anda…cari  dan temukanlah kembali…sebuah tempat yang nyaman …sebuah tempat yang tenaang…yang pernah Anda kunjungi sebelumnya…..dan di sana..Anda pernah mengalami ….suatu ketenangan…, suasana yang benar-benar nyaman….., Sekarang di dalm pikiran Anda……, gambarkanlah kembali suasana itu….gunakanlah kelima indra Anda …..
Pertama-tama…bayangkanlah kembali semua yang bisa Anda lihat…di sekitar Anda…., apakah Anda berada di alam terbuka…?? …

Apakah ada rerumputan yang menghijau…??

Apakah ada beragam bunga-bungaan….??

Apakah Anda melihat sungai yang mengalir,..

Atau rimbunnya hutan..??

Apakah Anda berada di puncak gunung…??

Apakah ada embun….atau hujan…???

Apakah Anda berada di dalam sebuah rumah…???

Atau sebuah tempat istimewa yang lain..
Lihatlah apa yang ada di sekitar Anda….., dan …sekarang ingat dan dengarkanlah kembali suara-suara yang ada di sana…apakah Anda mendengar suara angin…?? Atau deru ombak …??? Gemericik air…?? Apakah ada seseorang yang mengatakan sesuatu kepada Anda…??…
Dan…sekaranag Anda mulai dapat merasakan…tempat itu lebih nyata lagi…Anda bisa menyentuhnya… dan menghirup segarnya udara di sana….dan merasakan perasaan di hati Anda…tentang semua yang ada di sekeliling Anda…. Di tempat yang nyaman itu….??
Sekarang Anda sedang memandang ke sekitar Anda….dan …di dalam diri Anda…ada suatu perasaan bahwa Anda terbawa,… tertarik ke arah suatu jalan yang ajaib…sebuah jalan yang tiba-tiba saja terbentang di hadapan Anda….dan..menuju jauh ke depan….kemanakah jalan itu menuju….???
Rasakan dan perhatikanlah…. Apakh jalan itu menuju ke atas…??? Apakah menuju ke puncak gunung…??? Apakah jalan itu membelah samudara..?? atau menuju luar angkasa…??? Apakah jalan itu menuju taman bunga…?? Atau menuju ke hutan..?? dan karena Anda merasa di bawa berjalan atau terbang di atas jalan itu……

Anda memilih untuk terus pergi mengikutinya…sebab Anda yakin…bahwa apapun yang ada di sana….akan ada sesuatu yang begitu indah…begitu luar biasa…menantikan Anda…di ujung jalan ini…karena di sanalah letaknya sebuah TEMPAT KEDAMAIAN  Anda…di mana Anda sendirilah perancangnya…Anda sendirilah yang membangun tempat itu….dan Anda seoranglah satu-satunya pemilik TEMPAT KEDAMAIAN itu… di mana setiap saat Anda datang ke tempat KEDMAIAN itu…..Anda langsung merasa tenang…., rileks…dan semua stress Anda hilang seketika….
Nah….sekarang Anda sedang membangun tempat kedamaian itu….., terbuat dari apakah lantainya…??? Apakah lantainya berupa rerumputan…??? Atau kayu…??? Atau terbuat dari awan…?? Atau lantainya ter-apung di udara..?? atau terbuat dari kaca..?? …..apapun bahan yang Anda pilih …. Tetukanlah sendiri dan buatlah sekarang juga….dan sekarang Anda sedang membangun dindingnya…..dengan cara yang sama….pilihlah bahan-bahannya….apakah tempat itu ada dindingnya…???

Atau mungkin berupa alam terbuka…??? Apapun itu..pilihlah bahannya…dan bangunlah dindingnya….dan..sekarang Anda membangun atapnya dengan cara yang sama…apakah tempat itu mempunyai atap…?? Atau bintang-bintang yang menjadi atapnya…?? ..apakah atapnya berupa rindangnya pepohonan…??atau kaca…?? Atau marmer…?? Atau kayu…??  Apapun itu teruskanlah bangunan Anda ….dan sekarang dari dalam tempat KEDAMAIAN Anda…Anda sedang memandang ke luar…. Mungkin Anda perlu mempunyai jendela…buatlah kalau memang Anda memerlukannya.. …

dan begitu Anda memandang ke luar..lihatlah semua pemandangan indah….yang bisa Anda lihat atau memang Anda ingin melihatnya….dari tempat KEDAMAIAN Anda …Anda sedang mengatur dan menaruh semua perlengkapan rumah yang sangat Anda sukai…..Apakah yang Anda pilih…?? Apakah ada tempat duduk yang Anda sukai…?? Apakah ada lukisan kesayangan Anda…??

Atau mungkin ada sesuatu barang yang benar-benar istimewa buat Anda…??? Apapun yang Anda pilih…bawalah masuk…, hiaslah tempat KEDAMIAN Anda…sesuka hati Anda…., Dan… sekarang…, di dalam tempat kedamaian Anda…., Anda sedang menaruh sebuah kursi….Apakah Anda duduk di atas kursi yang istimewa….???
Sebuah kursi istimewa dengan bahan yang halus lembut..yang dengan nyaman memeluk tubuh Anda …ketika tubuh Anda…duduk di atasnya…atau Anda lebih suka duduk di bawah….atau di lantai.
Di manapun Anda duduk di kursi ajaib ini,… membawa banyak keistimewaaan buat Anda…., setiap Anda duduk di kursi ini…, Anda langsung merasa rileks…dan semua stress Anda…hilang seketika….dan Anda bisa melakukan apapun yang Anda lakukan…pada saat Anda duduk di kursi ini….
Nah …sekarang….berdirilah,… dan berjalanlah keluar…meninggalkan tempat ini., melalui pintu masuk dari tempat KEDAMAIAN Anda ini….Dan sekarang…, sambil berjalan keluar, Anda menoleh ke belakang, dan merasa yakin bahwa Anda mengetahui bagaimana caranya untuk masuk kembali ke sana….
Dan…sekarang Anda kembali berjalan di atas jalanan ajaib menuju ke bawah, dengan keyakinan bahwa setiap saat Anda bisa kembali ke tempat KEDAMAIAN Anda, dan setiap kali Anda kembali ke sana, dan semua tress akan hilang seketika….
Anda sekarang kembali berjalan ke bawah melalui jalan ajaib…menuju ke tempat semula di mana Anda memulai perjalanan tadi, yaitu suatu tempat yang nyaman,   tempat favorit yang tadi Anda pilih sendiri…dan Anda segera bisa mengenali tempat ini kembali…di tempat ini, apa saja yang ada di sekitar Anda…apa sajakah yang bisa Anda lihat, dengar dan Anda rasakan….???

Dan Sekarang…., dari tempat yang nyaman itu, Anda akan kembali ke tempat Anda berada di ruang ini, pada saat ini….pada hitungan ke -5 , Anda akan membuka mata Anda. Dan… pada saat Anda membuka mata, Anda akan merasa rileks, sehat dan segar, dan…Anda akan mengetahui bahwa Anda akan bisa kembali ke tempat KEDAMAIAN Anda setiap saat, di mana sewaktu Anda kembali ke sana, …

Anda akan merasa rileks dan semua stress Anda akan hilang seketika….Nah,… sekarang pada hitungan SATU, Anda mulai merasakan darah Anda mengalir di jari-jari tangan dan kaki Anda ….pada hitungan DUA, Anda mulai menggerakkan jari-jari tangan dan kaki Anda sedikit demi sedikit , dan ..TIGA Anda mulai bergerak meregangkan tubuh Anda…dan EMPAT, Anda memutar-mutar leher Anda … dan LIMA , sekarang Anda membuka mata Anda, Anda sangat sadar, sehat dan merasa sangat segar, dan yakin bahwa Anda bisa kembali ke tempat KEDAMAIAN Anda setiap saat.

 Salam Trance…:)

Penulis artikel adalah Praktisi dan Master Hypnotherapy  Certified dari IACH (Indonesian Association Clinical Hypnotherapy), pernah dipercaya mengajar di BNN (Badan Narkotika Nasional) dan di berbagai perusahaan  di Indonesia.

Profil penulis: Oki Prayoga | Soft Skill Trainer

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s